Home  > News > Tips Melakukan Sterilisasi Alat Kesehatan Agar Siap Pakai

Tips Melakukan Sterilisasi Alat Kesehatan Agar Siap Pakai

January 11,2016

Perkembangan dunia medis saat ini sangat pesat dangan banyaknya diciptakan berbagai macam alat kesehatan terbaru yang memberikan kemudahan bagi setiap ahli kesehatan atau dokter untuk melakukan perawatan terhadap pasiennya di berbagai fasilitas kesehatan baik rumah sakit ataupun klinik.

Sejatinya setiap perlengkapan medis yang dimiliki oleh berbagai fasilitas kesehatan atau instansi haruslah dirawat dengan melakukan sterilisasi guna mencegah dari berbagai kerusakan, mencegah terjadinya infeksi silang dan berbagai kemungkinan  lainnya yang dapat merugi.

Ada banyak jenis peralatan yang wajib untuk dapat anda sterilisasi, beberapa di antaranya seperti pisau operasi, gunting, kocher, pinset, korentang dan sebagainya. Berikut adalah beberapa langkah-langkah dalam melakukan sterilisasi terhadap peralatan tersebut.

 

Persiapan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan berbagai macam peralatan yang akan disterilisasi atau dibersihkan, kemudian sediakan beberapa bahan untuk membersihkannya seperti kain kasa, bengkok (nierbekken), lap kering, larutan desinfektan, tempat pencucian atau baskom dengan air yang mengalir, sabun cuci, sikat halus dan sterilisator dalam keadaan siap untuk dipakai. Selain itu persiapkan juga beberapa peralatan tambahan untuk melakukan sterilisasi terhadap peralatan medis yang terbuat dari karet seperti spuit, kapas dan tempatnya.

 

Pembuatan Konsentrasi Cairan Desinfektan Gigasept

Sebelum anda melakukan sterilisasi terhadap alat kesehatan yang anda miliki ada baiknya anda membuat konsentrasi cairan desinfektan terlebih dahulu guna menghindari terjadinya infeksi silang.

Langkah pembuatannya pertama ambilah larutan Gigasept sebanyak 30 ml lalu kemudian siapkan air bersih sebanyak 970 ml, selanjutnya campurkan cairan desinfektan dengan air sehingga menghasilkan 1 liter cairan desinfektan 3 %. Berikutnya peralatan yang akan anda sterilkan sabuni satu per satu, kemudian bilas dan sterilkan dengan pemanasan kering. Setelah disterilkan peralatan dapat anda angkat lalu kemudian dipindahkan dengan korentang steril ke tempat penyimpanan.

 

Pelaksanaan Sterilisasi Peralatan Medis dari Logam

Langkah pertama peralatan medis yang telah anda gunakan usahakan untuk dibilas dengan air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang melekat, kemudian rendam dengan desinfektan kurang lebih 2 jam. Khususnya bagi berbagai peralatan yang telah digunakan pada pasien dengan penyakit yang menular, harus dilakukan perendaman sekurang-kurangnya 24 jam.

Semua peralatan wajib disabuni satu per satu lalu kemudian dibilas dan selanjutnya disterilkan dengan menggunakan sterilisator yang telah diisi air secukupnya kemudian dimasak sampai mendidih. Setelah selesai peralatan dapat diangkat dan dipindahkan dengan korentang steril ke tempat penyimpanan.

 

Pelaksanaan Sterilisasi Peralatan Medis Dari Karet

Langkah-langkah melakukan sterilisasi alat kesehatanyang terbuat dari karet pertama adalah dengan membersihkan terlebih dahulu dengan kapas, setelah itu bagian dalamnya dibersihkan dengan menyemprotkan air dari spuit atau air yang mengalir sambil dipijit.

Setelah peralatan tersebut bersih, kemudian anda rendamlah dengan cairan desinfektan kurang lebih 2 jam lalu setelah air dalam sterilisator mendidih anda masukan peralatan ke dalamnya dan biarkan selama 5–10 menit, kemudian angkat dan simpan pada tempatnya.

 

 

Sumber:

- perawatemergensi.blogspot.co.id/2010/06/sop-pemeliharaan-peralatan-alat.html

- i-tbi.org/2014/07/cara-sterilisasi-alat-kesehatan.html