Home  > News > Perkembangan Peralatan dan Instrument Pembedahan

Perkembangan Peralatan dan Instrument Pembedahan

March 8,2016

Pembedahan atau operasi merupakan bagian dari rangkaian penyembuhan penyakit yang telah dilakukan sejak dahulu. Operasi selektif membutuhkan sayatan yang direncanakan dimana membutuhkan peralatan yang tepat.

Sebuah instrumen bedah adalah peralatan yang dirancang khusus untuk melakukan tindakan tertentu sehingga memberikan efek yang diinginkan selama operasi, seperti memodifikasi jaringan biologis, atau menyediakan akses untuk melihat bagian tertentu dari tubuh.

Untuk mencapai perkembangan seperti saat ini dimana e-catalog alat kesehatan yang menawarkan berbagai alat serta instrument pembedahan dapat dengan mudah Anda temukan, peralatan dan instrument pembedahan telah mengalami perjalanan panjang.

Di era prasejarah, pembedahan dilakukan dengan sangat sederhana seperti menggunakan gigi dan kuku manusia, dengan tanaman atau peralatan yang didapat di alam. Kemudian muncul trephines kasar untuk melakukan craniotomy pada zaman neolitikum. Hal ini digunakan oleh dukun untuk melepaskan roh-roh jahat, meringankan sakit kepala dan trauma kepala yang disebabkan oleh luka perang.

Di zaman Renaissance (gerakan budaya yang berkembang kira-kira dari abad ke-14 sampai abad ke-17, dimulai di Italia kemudian menyebar ke seluruh Eropa), instrumen baru lagi diciptakan dan dirancang. Peralatan amputasi berasal dari periode ini, akibat meningkatnya keparahan luka perang yang ditimbulkan oleh tembakan, penggenggam besi dan meriam.

Dunia pembedahan pun berkembang termasuk bidang bedah saraf, ortopedi, otology, dan kedokteran gigi. Semua memainkan peran kunci dalam pengembangan instrumen bedah yang bertenaga tinggi yang sekarang digunakan di setiap sub-spesialisasi bedah dan gigi.

Dan sebuah ledakan yang sesungguhnya di abad ke-19 dan awal abad ke-20. Peralatan dan instrumen berbahan baru seperti stainless steel, krom, titanium dan vanadium tersedia. Dan pada paruh kedua abad ke-20, instrumen berbasis energi pertama kali dikembangkan, seperti electrocautery, USG, pisau bedah listrik, alat-alat bedah untuk operasi endoskopi, laser dan ultrasound sumber berkembang.

Saat ini peralatan dan instrumen bertenaga listrik dengan beragam jenis tercantum dalam e-catalog alat kesehatan. Pada akhirnya revolusi bidang bedah, membuat prosedur pembedahan lebih baik, lebih aman dan lebih cepat. Banyak dokter, dokter gigi, dan perusahaan terus memberikan kontribusi untuk perkembangan bidang yang luar biasa ini.

 

Sumber:

- ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2502426/

- ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10163357

- ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9757541