Home  > News > Pentingnya Balai Kesehatan Masyarakat

Pentingnya Balai Kesehatan Masyarakat

February 2,2016

Rumah sakit tentu merupakan hal penting di masyarakat. Dengan adanya rumah sakit dengan alat kesehatan yang lengkap, berbagai masalah kesehatan tentunya dapat teratasi dengan baik sehingga setiap warga masyarakat dengan penyakit-penyakit tertentu dapat disembuhkan.

Namun, dengan situasi dan kondisi masyarakat Indonesia saat ini, rumah sakit tidak memungkinkan untuk dibangun di berbagai tempat, khususnya di pedesaan atau daerah-daerah terpencil.

Sementara, di Indonesia, masih sangat banyak rakyat yang tinggal di pedesaan atau daerah-daerah yang terpencil dan sulit dijangkau. Untuk itu, di tempat-tempat tersebut, balai kesehatan sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan kesehatan masyarakat setempat.

Balai kesehatan merupakan unit pelaksana teknis yang bertugas untuk mengatasi masalah kesehatan dan upaya kesehatan strata kedua, serta untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat tertentu secara terintegrasi dan menyeluruh di suatu wilayah kerja.

Balai kesehatan hadir sebagai badan yang mewakili secara tidak langsung peranan rumah sakit di perkotaan. Layaknya tugas dan fungsi rumah sakit, balai kesehatan juga merupakan badan yang bertugas untuk melakukan berbagai tindakan kesehatan terhadap masyarakat di lingkup kerja balai tersebur berada.

Balai kesehatan merupakan bagian dari koordinasi penyelenggaran kesehatan pemerintah negara. Untuk itu, balai kesehatan hadir untuk melaksanakan sebagian fungsi dari organisasi induknya. Dan balai kesehatan pun tidak hanya berfungsi untuk melakukan tindakan kesehatan terhadap setiap pasiennya, tetapi, juga turut berperan dalam melakukan aktivitas–aktivitas bimbingan terhadap masyarakat setempat dalam hal tindakan kesehatan atas penyakit-penyakit tertentu.

Balai kesehatan biasanya dispesifikan sesuai dengan bidang kesehatan tertentu, seperti mata, paru, dll, dan menjalankan berbagai tugas penyelenggaraan kesehatannya sesuai dengan bidangnya, serta turut menjalin kerja sama dan koordinasi dengan berbagai instansi kesehatan lain sesuai dengan jenjang dan bidangnya.

Dengan pengelolaan pemerintah, balai kesehatan tentu sangat penting dalam upaya penyelenggaraan aktivitas kesehatan di masyarakat, khususnya di daerah yang tidak terjangkau rumah-sakit besar. Walaupun secara fasilitas alat kesehatan, balai kesehatan tidak selengkap yang dimiliki rumah sakit, namun dengan kondisi masyarakat Indonesia yang ada, tentu balai kesehatan perannya sangat dibutuhkan di tengah masyarakat.

 

 

Sumber:

- idtesis.com/tugas-dan-fungsi-balai-kesehatan-masyarakat/

- skaterfm.blogspot.co.id/2012/04/balai-kesehatan-masyarakat-tujuan-tugas.html