Home  > News > Penggunaan Endoscopy Secara Tepat

Penggunaan Endoscopy Secara Tepat

March 31,2016

Kata “Endoskopi” mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, sebab dalam beberapa kasus penggunaan alat ini menjadi hal yang penting untuk pemeriksaan. Banyak jenis-jenis endoskopi yang digunakan untuk pemeriksaan di area yang berbeda meski dalam lingkup sistem pencernaan seperti yang telah dijabarkan pada artikel sebelumnya. Kegunaan yang  sesuai bisa Anda dapatkan dalam e-katalog alat kesehatan.

Penggunaan yang tepat akan memberikan hasil yang diharapkan utamanya, alat ini biasanya digunakan untuk memeriksa adanya penyakit atau kelainan pada sistem  pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus. Untuk lebih detailnya biasanya alat ini digunakan untuk memeriksa penyakit seperti:


- Obstruksi usus (penyumbatan usus), peradangan saluran pencernaan
- Radang lambung, usus kecil, usus besar
- Wasir,ulkus peptikum (luka pada lambung atau usus 12 jari)
- Pyrosis  (perasaan terbakar pada ulu hati atau dada
- Penyakit Celiac (intoleransi pada gluten)
- Kanker usus besar, kandung empedu, lambung.

Selain itu alat ini juga digunakan sebagai peralatan penunjang untuk memperkuat diagnosis dokter yang berhubungan dengan permasalahan kesehatan di sistem tubuh lainnya seperti pemeriksaan pada hidung (rhinoskopi), saluran pernapasan bagian bawah (bronkoskopi), pada telinga (otoskop), pada sistem reproduksi (ginoskopi) maupun bedah tulang (ortopedi).

Dari segi persiapan untuk prosedur pemeriksaan endoskopi sangat bervariasi tergantung pada jenis pemeriksaannya. Penggunaan alat ini pun dibilang cukup aman dan sudah umum digunakan. Karena memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi dan memiliki risiko komplikasi yang kecil menjadikan alat ini banyak di produksi oleh para produsen.

Alat ini juga menjadi hal yang penting dan tersedia di semua fasilitas pelayanan kesahatan. Anda tidak perlu bingung mencari produk ini, Anda bisa membaca di media e-katalog alat kesehatan yang sudah tersedia dan memilih produk yang tepat sesuai e-katalog alat kesehatan yang ada.

 

Sumber:

- docdoc.com/id/id/info/procedure/endoskopi
- nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003338.htm
- healthline.com/health/endoscopy