Home  > News > Pemeriksaan Diagnostik Penyakit Jantung

Pemeriksaan Diagnostik Penyakit Jantung

March 31,2016

Tidak bisa dipungkiri, semakin canggihnya teknologi membuat gaya hidup serta aktivitas sehari-hari terasa lebih ringan karena serba instan dan praktis. Tapi hal ini juga menjadi salah satu faktor meningkatnya penyakit yang muncul akibat pola hidup yang tidak sehat salah satunya penyakit jantung yang merupakan penyakit mematikan.

Banyak keluhan yang bisa dirasakan jika Anda memang benar-benar menderita penyakit jantung dan hal pertama yang mungkin Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan. Namun untuk menegakkan diagnosa dibutuhkan pemeriksaan diagnostik atau penunjang untuk memastikan  kelainan yang terjadi pada jantung.

Salah satu pemeriksaan tersebut adalah Elektrokardiogram (EKG) yang merupakan pemeriksaan penunjang penyakit jantung sederhana yang bersifat non-invasif dimana alat ini tidak menimbulkan luka dalam tubuh Anda karena alat kesehatan ini hanya ditempelkan pada kulit luar tubuh.

Prinsip kerja dari pemeriksaan EKG sendiri yaitu merekam aktivitas listrik jantung. Terdapat tiga jenis utama EKG yang dapat diketahui, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan ataupun sebagai salah satu alat untuk mengecek kesehatan jantung Anda. Untuk lebih jelasnya tiga jenis utama EKG.

 

EKG Resting

Pemeriksaan EKG ini biasanya berlangsung  selama lima sampai sepuluh menit. Selama proses pemeriksaan pasien tidak diperbolehkan bergerak, karena dikhawatirkan adanya impuls listrik lainnya yang dapat timbul otot-otot lain selain jantung yang bisa mengganggu pemeriksaan jantung Anda. Jenis EKG satu ini merupakan jenis pemeriksaan umum terbanyak yang digunakan di pelayanan kesehatan untuk mengetahui adanya kelainan pada jantung.

 

Tes Stres Jantung

EKG ini biasanya berlangsung  selama 15-30 menit, pemeriksaan ini digunakan untuk merekam EKG ketika pasien menggunakan alat seperti sepeda atau berjalan di atas treadmill.

 

EKG Ambulatory atau Holter

Pemeriksaan dengan menggunakan EKG jenis ini biasanya diperuntukkan bagi pasien yang gejalanya intermiten dan mungkin tidak muncul selama tes EKG istirahat. Pemeriksaan ini dilakukan dengan alat perekam portabel yang dipakai setidaknya selama seharian. Monitor akan tetap terpasang sementara pasien bisa bebas bergerak secara normal. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh orang yang sembuh dari serangan jantung untuk dimonitor serta memastikan ketepatan fungsi jantungnya.

Dari ketiga jenis EKG diatas, tentunya akan menghasilkan hasil yang berbeda karena nantinya hasil tersebut akan mempengaruhi langkah perawatan selanjutnya baik dalam pengobatan dan terapi-terapi lainnya.

Saat ini telah banyak para produsen yang jual alat kesehatan terlebih di era teknologi ini sudah tentu diimbangi dengan meningkatnya produksi alat kesehatan yang semakin canggih untuk mendukung penegakkan diagnosa penyakit jantung maupun pemeriksaan jantung lainnya.

Sudah sepatutnya tiap pelayanan kesehatan baik klinik maupun rumah sakit memilih produsen yang jual alat kesehatan ini serta memastikan yang jual alat kesehatan adalah produsen resmi yang ada di wilayah Anda untuk menjamin kualitas produk yang terbaik.

 

Sumber:

- seputarjantung.com/pemeriksaan-penunjang-penyakit-jantung/

- medkes.com/2015/09/pengertian-fungsi-prosedur-elektrokardiogram-ekg


http://www.ptmedtek.com/