Home  > News > Pembedahan pada Jantung

Pembedahan pada Jantung

March 8,2016

Berkembangnya jaman, diikuti pula dengan berkembangnya penyakit, salah satunya penyakit jantung. Operasi jantung terbuka adalah setiap jenis operasi dimana dada dibuka dan operasi dilakukan pada otot, katup, atau pembuluh darah jantung.

Operasi jantung juga dilakukan dengan tujuan:

  1. Memperbaiki atau mengganti katup jantung, yang memungkinkan darah untuk melakukan perjalanan melalui jantung.
  2. Memperbaiki area yang rusak atau abnormal jantung.
  3. Dimasukkan ke dalam perangkat medis untuk membantu jantung.
  4. Mengganti jantung yang rusak (transplantasi jantung).

 

Dan penyebab pembedahan harus dilakukan pada jantung diantaranya:

  1. Bypass Arteri Coroner (CABG) adalah jenis yang paling umum dari operasi jantung. CABG meningkatkan aliran darah ke jantung. Ahli bedah menggunakan CABG untuk mengobati orang yang memiliki penyakit jantung koroner yang berat (PJK). PJK merupakan penyakit di mana terdapat zat lilin yang disebut plak di dalam arteri koroner. Arteri ini menyuplai darah kaya oksigen ke jantung Anda.
  2. Transmyocardial Laser Revascularization atau TMR adalah operasi digunakan untuk mengobati angina. TMR yang paling sering digunakan ketika tidak ada perawatan lain yang bekerja. Selama TMR, ahli bedah menggunakan laser untuk membuat saluran kecil melalui otot jantung dan ke ruang kiri bawah jantung (ventrikel kiri).
  3. Perbaikan atau penggantian katup Jantung. Agar jantung bekerja dengan baik, darah harus mengalir hanya satu arah. Katup sehat membuka dan menutup dengan cara yang tepat ketika jantung memompa darah.
  4. Untuk memperbaiki katup paru yang terlalu sempit, seorang ahli jantung (spesialis jantung) akan memasukkan kateter (tabung tipis fleksibel) melalui pembuluh darah besar hingga ke jantung. Dalam beberapa kasus, ahli bedah mungkin membuat luka kecil di dada dan ventrikel kiri (ruang jantung kiri bawah). Dan  kateter dimasukan ke dalam jantung melalui lubang kecil.
  5. Pengobatan aritmia. Aritmia adalah masalah dengan tingkat atau irama detak jantung. Selama aritmia, jantung bisa berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau dengan irama yang tidak teratur.
  6. Perbaikan aneurisma. Aneurisma adalah tonjolan seperti balon pada dinding arteri atau otot jantung. Tonjolan ini bisa terjadi jika dinding arteri melemah. Tekanan dari darah bergerak melalui arteri atau jantung menyebabkan daerah lemah membentuk tonjolan.
  7. Transplantasi jantung adalah operasi untuk mengeluarkan jantung yang sakit dan menggantinya dengan jantung yang sehat dari donor meninggal.
  8. Bedah Pasang Ventricular Assist Device atau jantung buatan. Sebuah VAD adalah pompa mekanik yang digunakan untuk mendukung fungsi jantung dan aliran darah pada orang yang memiliki jantung yang lemah.

 

Saat ini telah banyak produsen yang jual alat kesehatan guna mendukung diagnosa dan operasi jantung. Hal tersebut, salah satunya, disebabkan oleh penyakit jantung yang menjadi salah satu penyakit dengan jumlah korban yang tinggi.

 

 

Sumber:

- ptmedtek.com/product/hospital/geister/bdhjantung.html

- healthline.com/health/open-heart-surgery

- nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/hs/types