Home  > News > Memahami Alat Kesehatan Berdasarkan Jenisnya

Memahami Alat Kesehatan Berdasarkan Jenisnya

February 2,2016

Dunia kesehatan memiliki cakupan yang luas dalam hal ragam daftar alat kesehatan yang termasuk di dalamnya. Buat Anda yang bekerja di dunia kesehatan tentu harus memahami apa saja jenis alat kesehatan yang ada dan secara resmi bisa digunakan untuk menolong atau dibutuhkan.

Biasanya setiap rumah sakit, puskesmas dan tempat layanan kesehatan masyarakat memiliki standar kesehatan masing-masing yang disesuaikan dengan kelas pusat layanan kesehatan tersebut. Hanya saja secara umum, daftar alat kesehatan yang dianjurkan untuk digunakan adalah sama. Di antara ragamnya alat kesehatan yang ada saat ini, alat kesehatan bisa dibagi ke dalam jenisnya. Berikut merupakan ragam alat kesehatan berdasarkan jenisnya masing-masing.

 

Untuk Laboratorium dan Tes

Alat kesehatan jenis ini digunakan untuk pemeriksaan di laboratorium. Biasanya digunakan untuk mendeteksi berbagai macam jenis penyakit yang berhubungan dengan darah, sel, dan berbagai hal yang tak kasat oleh mata. Alat kesehatan dalam jenis ini biasa digunakan di dalam laboratorium. Mikroskop sendiri terbagi ke dalam ada 3 jenis, yaitu microscop binocular, microscop monocular, dan juga microscop monocular x sp-12.

Masing-masing microscop tersebut digunakan untuk melihat virus, sel atau apapun yang berasa dari darah, urine, feses atau bagian tubuh manusia dalam ukuran yang sangat kecil. Sedangkan, alat kesehatan yang digunakan untuk proses test kesehatan adalah alat cek gula darah, alat malaria, alat hemoglobin, alat test narkoba, alat asam urat dan kolesterol, alat check kehamilan.

Masing-masing alat test tersebut masih dibedakan ke dalam beberapa jenis seperti bentuk strip atau automatic. Alat kesehatan laboratorium biasanya hanya boleh dimiliki oleh instansi resmi seperti rumah sakit, laboratorium, puskesmas dan tidak bisa dimiliki perorangan karena membutuhkan tenaga ahli dalam penggunaannya. Namun, alat tes kesehatan biasanya bisa dimiliki oleh pribadi karena penggunaannya yang cukup sederhana dan memberikan hasil yang relatif cepat.

 

Untuk Terapi dan Ukur

Alat kesehatan untuk terapi di antaranya adalah alat bekam, kompres penurun panas, bantal kesehatan dan juga lampu teraphi. Berbagai alat kesehatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko yang jual alat kesehatan. Disarankan untuk membeli alat yang berkualitas untuk mempercepat proses penyembuhan.

Sedangkan untuk daftar alat kesehatan ukur terdiri dari alat untuk mengukur berat dan tinggi badan, alat mengukur tinggi badan bayi, stetoskop, stetoskop khusus anak, stetoskop serenity, tensimeter digital, tensimeter lengan digital, tensimeter pergelangan tangan dewasa.

Alat kesehatan jenis ukur biasanya digunakan saat kita akan menjalani pemeriksaan di rumah sakit, namun jika Anda adalah seorang perawat atau tenaga kesehatan maka bisa membelinya untuk pemeriksaan pribadi dirumah sehingga tekanan darah, tinggi dan berat badan bisa tetap terpantau dengan baik.

Dengan memahami klasifikasi berbagai alat kesehatan seperti yang dijelaskan di atas, maka Anda yang ingin membeli alat kesehatan dari berbagai tempat yang jual alat kesehatan  yang berkualitas, tentu tidak menemukan kesulitan untuk menentukan alat kesehatan apa yang Anda butuhkan.

 

 

Sumber:

- materikesehatan.com/2015/04/contoh-makalah-alat-kesehatan.html

- fungsialatkesehatan.blogspot.co.id/2013/06/jenis-jenis-alat-kesehatan.html