Home  > News > Alat Kesehatan yang Bersifat Disposable

Alat Kesehatan yang Bersifat Disposable

February 2,2016

Alat kesehatan  tentu memiliki banyak ragam dan jenisnya. Mulai dari alat kesehatan dasar hingga ke tingkat advance yang semuanya digunakan untuk membantu setiap proses pengobatan dan penyelenggaraan kesehatan. Salah satu tipe alat kesehatan dasar yang biasa digunakan untuk berbagai tindakan pengobatan adalah alat kesehatan yang disposable.

Alat kesehatan yang disposable merupakan jenis alat kesehatan yang hanya digunakan untuk satu kali pemakaian dan setelah digunakan, harus dibuang agar tidak menjadi tempat atau media berkembangnya kuman dan virus.

Beberapa jenis daftar alat medis habis pakai tersebut adalah alat penampung urine, jarum suntik, alat infuse, kateter, kasa, masker, penutup rambut atau nurse cap, plester perban, sarung tangan medis dan operasi, selang oksigen, selang infuse, selang bantu makanan, selang pencuci isi perut, tisu alcohol, under pad bed, pembalut ibu melahirkan, pampers bayi, dan lain sebagainya.

Semua alat itu tidak bisa dipakai berulang kali dan harus langsung dibuang dan dimusnahkan setiap kali setelah dipakai. Kesemua daftar alat medis steril tersebut tidak bisa juga di bagi ke pasien lain apapun kondisi dan bentuknya. Karena Anda tidak tahu virus dan bakteri apa saja yang sudah menempel yang justru bisa menjangkiti pasien.

Itulah sebabnya kenapa rumah sakit selalu memiliki persediaan alat kesehatan yang disposable dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan satu orang pasien bisa menghabiskan lebih dari 1 buah alat kesehatan disposable pada kondisi tertentu.

Alat kesehatan yang disposable tersebut harus segera dibuang atau dimusnahkan setelah digunakan karena jika tidak, bisa menjadi media penularan berbagai macam penyakit. Bahkan sarung tangan yang terlihat sepele harus selalu diganti dengan yang baru setiap kali tenaga kesehatan akan menyentuh atau menindak pasien yang membutuhkan pertolongan.

Darah, urine, kotoran manusia adalah sumber strategis yang bisa menularkan berbagai macam penyakit ringan sampai dengan yang mematikan, karena itu kewaspadaan dan juga peningkatan standard keamanan rumah sakit untuk menjaga kondisi para perawatnya harus selalu dijaga dengan salah satunya adalah dalam memahami penggunaan alat kesehatan yang disposable.

Pembuangan alat kesehatan yang disposable memiliki standard yang harus dipatuhi oleh semua tenaga kesehatan agar bakteri yang ada tidak menyebar melalui udara. Biasanya proses pengolahan limbah atau sampah medis dilakukan oleh tenaga yang kompeten di bidangnya. Selain itu, tempat pembuangannya juga tidak berada di sekitar kamar perawatan pasien karena dikhawatirkan akan membuat keadaan serta lingkungan sekitar seperti air, tanah dan udara tercemar oleh berbagai macam kotoran yang ada.

 

Sumber:

- ubpreneur.com/perbedaan-alat-kesehatan-medis-dengan-alat-kesehatan-perbekalan-rumah-tangga.php

- tothelastbreath.wordpress.com/2012/02/18/klasifikasi-alat-kesehatan/