Home  > News > Pemeriksaan Diagnostik: Mammography

Pemeriksaan Diagnostik: Mammography

May 23,2016

Anda  mungkin pernah mendengar kata Mammography dalam e-katalog alat kesehatan yang identik dengan pemeriksaan adanya penyakit kanker payudara. Kanker memang merupakan penyakit yang sangat menakutkan, pelan tapi pasti penyakit satu ini akan merusak jaringan yang terkena dan di sekitarnya terlebih kanker payudara yang saat ini banyak menyerang kaum wanita.

Sudah tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan setempat dan untuk tahap selanjutnya jika memang diperlukan pemeriksaan penunjang, Mammografi merupakan salah satu pemeriksaan penunjang secara radiologis.

Alat ini pun juga telah dijual di pasaran, Anda bisa mengetahuinya dengan melihate-katalog kesehatan di media online. Terdapat 2 jenis Mammografi yaitu screen-film Mammografi seperti halnya rontgen menggunakan film yang harus dicetak dan full-field Mammografi yang hasilnya dapat dilihat di monitor secara digital dan dapat dicetak jika diperlukan.

Untuk penggunaan Mammografi pada wanita yang berusia di bawah 40 tahun dikatakan kurang efektif karena jaringan payudara yang masih tebal sehingga interpretasi hasil akan sulit ditentukan. Dan pada saat pemeriksaan berlangsung kemungkinan bagi beberapa orang pemeriksaan ini akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan karena prosedur pelaksanaan pemeriksaan dimana payudara ditekan dari sisi atas maupun bawah kemudian difoto dengan menggunakan sinar –X. Selain untuk menentukan diagnosa, deteksi dini yang dilakukan dengan alat ini dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit karena penanganan yang tepat dan cepat bisa dilakukan.

Adanya alat pemeriksaan diagnostik ini juga sangat menunjang kelengkapan sarana dan prasarana dalam sebuah institusi pelayanan kesehatan. Demi memenuhi kebutuhan dan meningkatkan derajat kesehatan manusia alat pemeriksaan diagnostik sangat diperlukan keberadaannya dalam menunjang pemeriksaan dan penegakkan diagnosa. Ditambah kemudahan untuk memperoleh alat ini, sekarang banyak media online yang menyediakan e-katalog kesehatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tentang radiasi yang ditimbulkan dari alat pemeriksaan ini, kebanyakan orang akan berpikir sinar radiasi yang ditimbulkan akan menyebabkan kerusakan sel-sel yang sehat. Namun yang perlu diperhatikan radiasi yang digunakan adalah dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv) jadi Anda tidak perlu khawatir sebab mammografi masih menjadi pilihan yang terbaik untuk deteksi dini kanker payudara.

 

 

Sumber:

- muslimah.or.id/4470-digital-mammografi-cara-deteksi-kanker-payudara.html

- id.wikipedia.org/wiki/Mammografi