Home  > News > Deteksi Dini Kesehatan Gigi Anda dengan Dental X-ray

Deteksi Dini Kesehatan Gigi Anda dengan Dental X-ray

October 1,2015

Sinar X bukan hal baru di dunia kedokteran, setelah sebelumnya digunakan untuk membantu mendeteksi kesehatan tulang dan paru, saat ini banyak penyedia alat kesehatan yang jual alat kesehatan dental X-ray untuk memenuhi kebutuhan di dunia kesehatan gigi. Sinar-X adalah bentuk energi tinggi radiasi elektromagnetik. Sinar-X dapat menembus tubuh untuk membentuk sebuah gambar pada film.

Dental X-ray adalah alat diagnostik yang berguna membantu dokter gigi Anda mendeteksi kerusakan dan/atau penyakit yang tidak terlihat selama pemeriksaan rutin pada gigi Anda. Berikut adalah manfaat dental X-ray:

- Mengetahui jumlah, ukuran, dan posisi gigi

- Kehadiran dan tingkat karies gigi (gigi berlubang)

- Kerusakan gigi (seperti dari periodontitis)

- Gigi abscessed

- Rahang retak

- Maloklusi gigi

- Kelainan lain pada gigi dan tulang rahang

 

Kini telah tersedia alat kesehatan dental X-ray dengan beberapa jenis kemampuan diantaranya:

- Sinar-X intraoral adalah jenis yang paling umum dari dental x-ray. Ada beberapa jenis sinar-x intraoral. Masing-masing menunjukkan aspek yang berbeda dari gigi.

- Bite-wing x-rays menunjukkan rincian dari gigi atas dan bawah dalam satu area mulut. Bite-wing x-rays mendeteksi kerusakan antar gigi dan perubahan ketebalan tulang yang disebabkan oleh penyakit gusi.

- Sinar-X periapikal menunjukkan seluruh gigi. Sinar-x periapikal mendeteksi perubahan yang tidak biasa dalam struktur tulang akar dan sekitarnya.

- Sinar-x oklusal melacak pengembangan dan penempatan lengkungan seluruh gigi baik rahang atas atau bawah.

- Sinar-X panorama menampilkan seluruh daerah mulut, baik di rahang atas dan bawah

 

Lalu seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan dental X-ray? Semua tergantung pada kesehatan mulut, usia Anda dan risiko Anda untuk mendapatkan penyakit, serta tanda-tanda yang muncul. Dokter gigi akan meninjau riwayat kesehatan gigi Anda, memeriksa mulut Anda dan kemudian memutuskan apakah Anda perlu mendapatkan dental X-ray. Namun sebaiknya Anda melakukan dental X-ray setidaknya sekali, sebagai status kesehatan gigi dan mulut Anda, serta menjadi dasar untuk membantu mengidentifikasi perubahan yang mungkin terjadi nanti.

Meskipun menggunakan sinar-X, namun dental X-ray aman. Karena menggunakan tingkat rendah paparan sinar-X sesuai persyaratan penggunaan radiasi (termasuk sinar-X) yang ditetapkan pada tiap negara. Persyaratan ini yang juga harus dipenuhi oleh para produsen yang jual alat kesehatan menggunakan sinar-X.

Meskipun demikian, jika Anda hamil pastikan untuk memberitahu dokter gigi Anda. Karena sebaiknya wanita hamil tidak terpapar sinar-x kecuali benar-benar diperlukan. Namun, jika Anda terpaksa mendapatkannya, sebuah apron timbal dapat digunakan untuk menutupi tubuh dan mengurangi paparan radiasi.

 

 

Sumber:

- ada.org/en/member-center/oral-health-topics/x-rays

- my.clevelandclinic.org/health/treatments_and_procedures/hic_Dental_Check-up/hic_Types_of_Dental_X-rays

- nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003801.htm

- mouthhealthy.org/en/az-topics/x/x-rays