Home  > News > Bagaimana Tidur Yang Berkualitas ?

Bagaimana Tidur Yang Berkualitas ?

September 30,2015

Tidur malam memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh Anda. Ketika tidur tubuh Anda melakukan suatu pekerjaan luar biasa, dimana tubuh melakukan metabolisme dan meregenerasi sel. Agar pekerjaan tersebut berjalan secara optimal, dibutuhkan tidur yang berkualitas.

Tidur yang berkualitas bukanlah tidur dalam waktu yang lama melainkan tidur nyenyak yang memberikan efek optimal bagi tubuh. Tidur berkualitas dapat ditandai dengan rasa segar ketika bangun esok paginya.

Sayangnya, memiliki tidur berkualitas bukanlah hal mudah. Berbagai masalah baik stress maupun kondisi kesehatan tertentu dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Salah satu kondisi yang dapat mengganggu kulaitas tidur adalahobstructive sleep apnea(OSA).

OSA adalah gangguan tidur yang serius dimana nafas berulang kali berhenti saat tidur. OSA terjadi ketika ketika otot-otot yang mendukung jaringan lunak (seperti: lidah dan langit-langit lunak/soft palate) di tenggorokan Anda rileks. Ketika otot-otot ini rileks, saluran napas Anda menyempit atau tertutup, dan pernapasan Anda terputus sesaat.

Kondisi ini dapat menurunkan tingkat oksigen dalam darah Anda. Otak Anda yang merasakan pernapasan terganggu, akan membangkitkan Anda dari tidur sehingga Anda dapat membuka kembali jalan napas Anda. Kebangkitan ini biasanya sangat singkat sehingga pada umumnya Anda tidak menyadari itu.

Tanda paling nyata dari OSA adalah mendengkur, mendengus, tersedak atau suara terengah-engah. Pola ini dapat terulang 5-30x atau lebih setiap jam, sepanjang malam. Gangguan ini mengganggu kemampuan Anda untuk mencapai fase yang diinginkan dari tidur, dan Anda mungkin tetap akan merasa mengantuk ketika bangun keesokan harinya.

Siapapun dapat mengembangkan OSA, meskipun umumnya terjadi pada orang dewasa setengah baya dan orang lanjut usia yang memiliki kelebihan berat badan. Namun, orang kurus juga dapat mengembangkan gangguan tersebut. Berbagai faktor dapat memicu, seperti hipertensi, genetik, atau pembengkakan amandel.

Pengobatan OSA mungkin melibatkan penggunaan alat kesehatan untuk menjaga jalan napas tetap terbuka saat tidur. Alat kesehatan yang paling umum direkomendasikan adalah penggunaan mesin CPAP (Continuous positive airway pressure). Mesin ini memberikan aliran udara melalui masker wajah yang diikat di atas kepala Anda saat Anda tidur.

Cara ini efektif untuk mengelola OSA, tetapi bagi Anda yang pertama kali memakai alat kesehatan ini, mungkin Anda butuh waktu untuk membiasakan diri. Kabar baiknya adalah bahwa jika salah satu jenis masker CPAP tidak bekerja/tidak sesuai untuk Anda, Anda memiliki pilihan lain. Selain itu, masker CPAP dapat disesuaikan untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.

Jangan pernah menganggap remeh kondisi yang mengganggu kualitas tidur Anda. Karena dengan terganggunya kualitas tidur Anda, metabolisme tubuh Anda pun juga terganggu.

 

 

Sumber:

mayoclinic.org/diseases-conditions/obstructive-sleep-apnea/basics/definition/con-20027941